Rabu, 15 Juni 2011

Artikel ular indonesia: Russell’s viper (daboia russelii)


Nama russell’s viper diberikan sebagai penghormatan untuk Patrick Russell seorang berkebangsaan Skotlandia yang pertama memimpin penelitian khusus tentang ular-ular di india, pada abad ke 18.


Russell’s viper adalah true viper (tidak memiliki sensor panas) yang hidup di Indonesia, nama lainnya adalah ular bandotan puspa. Selain di Indonesia ular ini juga hidup di India, Pakistan, Srilanka, Myanmar, Cambodia, dan Taiwan.
Populasi utama ular ini memang berada di daerah dataran utama asia (india,Pakistan, dll), tetapi ada beberapa populasi yang terisolasi di daerah Indonesia dan Taiwan. Walaupun secara fisik penampilan mereka hampir mirip, tetapi perbedaan terlihat pada komposisi bisa atau racunnya.
Di daerah Indonesia sendiri ular ini hanya terdapat di daerah jawa, pulau komodo, dan flores, di daerah jawa sendiri yang banyak ditemui adalah jawa timur (daerah Surabaya), beberapa sumber menyebutkan ular ini sering ditemukan didaerah pemakaman di dekat kota surabaya, habitatnya sendiri adalah di padang rumput dan persawahan bukan di dalam hutan hujan. Ular ini bisa tumbuh sampai ukuran sekitar 90cm, dan memiliki badan yang cenderung gemuk, mangsanya adalah pengerat kecil seperti tikus, tupai, dll.

Saat mempertahankan diri ular ini bisa sangat menakutkan, pertahanannya adalah melingkarkan diri dengan posisi kepala berada ditengah lingkaran tubuhnya dan mulai mendesis mengeluarkan suara yang sangat keras, bila cara ini dianggap gagal biasanya dia akan memberikan serangan kejutan dengan kecepatan yang tidak terduga, cukup untuk bikin musuhnya shock, lalu dia pergi melarikan diri.

Sumber:
-          venomous snakes of the world,,Mark O’Shea
-          ular berbisa Indonesia,,Drs. Jatna Supriatna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar